Kamis, 31 Maret 2011

Water Castle "Taman Sari"

Taman sari merupakan situs purbakala yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di selatan kraton Yogya. Taman sari memang tidak se-populer kraton Yogya, Candi Prambanan dan Candi Borobudur tapi. Komplek Istana air yang satu ini memiliki kisahnya tersendiri.



Istana air Taman sari  merupakan kompleks Istana yang memiliiki beberapa bagian bangunan diantaranya kompleks pemandian, tempat beribadat(sumur gemuling) , tempat peristirahatan, dan lapangan untuk para prajurit. Taman sari bukanlah Istana tempat Raja dan keluarganya menetap akan tetapi Taman sari digunakan untuk "berlibur".

Beragam cerita beredar mengenai proses pembangunan Istana tersebut.salah satunya menceritaan bahwa Istana Taman sari dibangun oleh seorang  berkebangsaan Portugis , pada awalnya masyarakat menduga  orang portugis tersebut adalah sesosok jin karena tidak jelas asal usulnya dan  dianggap aneh. Kemudian dia diangkat menjadi  seorang abdi dalam bidang bangunan. Damang portegis(demang Tegis) merupakan gelar yang diberikan oleh sultan kepada orang tersebut karena hasil kerjanya yang memuasakan.konon Demang Tegis diperintahkan untuk membangun Pesanggrahan Taman Sari. Oleh karena itu pula bangunan Pesanggrahan Taman Sari menunjukkan unsur seni bangunan yang berasal dari Eropa (Portugis). 

versi lain menceritakan bahwa Istana air Taman Sari dibangun oleh seorang Bupati Madiun(raden Rangga Prawirasentika) yang merasa tidak sanggup  memberi upeti kepada sultan hamengkubuwono I. Sebagai pengganti upeti Bupati tersebut menyanggupi untuk mengabulkan permintaan khusus sultan mulai dari membuat gamelan sekaten, membuat jempana tandu,sampai dengan membuat tempat pesanggrahan bagi sultan(Istana Air Taman Sari).Pada ahirnya Raden Rangga Prawirasentika tidak dapat menyelesaikan bangunan Pesanggrahan taman Sari. Beliau menyatakan bahwa pembangunan tersebut justru dirasa lebih besar biayanya dibandingkan dengan penyampaian pajak setahun dua kali yang selama ini dilakukannya. Oleh karenaya beliau mohon berhenti pada Sultan dan diperkenankan. Sultan kemudian memerintahkan K.P.H. Natakusuma untuk menyelsaikan bangunan itu atas biaya yang ditanggung Sultan sendiri.

Dahulu sekelilingi Istana air Taman Sari merupakan danau(kolam) yang luas sehingga untuk mencapai Istana diperlukan perahu sebagai alat transportasi, tapi jangan harap anda bisa melihatnya lagi karena saat ini danau(kolam) 
tersebut  sudah mengering dan menjadi perkampungan.

Mitos yang beredar di masyarakat menceritakan  bahwa Istana Taman sari dibangun karena ada tujuan tertentu yang dimaksudkan oleh sultan ,  yaitu sebagai  simbol kecintaan Sultan kepada Ratu pantai selatan "nyi roro kidul" itulah mengapa yang dibuat oleh sultan adalah Istana air bukan istana yang" kering ". pada saat itu nyi roro kidul sering mengunjungi sultan dan berkeliling mengitari kompleks istana tapi ada juga yang mengatakan sultan dan nyi roro kidul bertemu di lorong rahasia yang menghubungkan keraton Yogya dengan Istana Taman Sari(konon lorong tersebut juga tembus ke pantai selatan ). mitos menyatakan bahwa nyi roro kidul merupakan istri bagi raja kesultanan Yogyakarta.Patung Ular naga yang berada di gerbang dan  di salah satu kolam pemandian taman sari "katanya" merupakan peliharaan nyi roro kidul yang dikeringkan dan dijadikan patung. bagaimanapun mitos memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusiakarena mitos ibarat pemanis dan karena adanya mitos budaya kita pun semakin beragam.

Bagian - bagian Tamansari:
  1. Bagian Sakral
    Bagian sakral Tamansari ditunjukkan dengan sebuah bangunan yang agak menyendiri. Ruangan ini terdiri dari sebuah bangunan berfungsi sebagai tempat pertapaan Sultan dan keluarganya. Bagi anda yang berkunjung ada baiknya untuk mengucapkan salam ketia memasuki ruangan tersebut karena seringkali apabila tidak mengucapkan salam terjadi hal yang lumayan mengejutkan.
          
          2. Bagian Kolam Pemandian
  1. Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Bagian ini terdiri dari dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam keluar dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya. di dalam pemandian terdapat maam kuda kesayangan raja yang di beri teralis.Bagian 


    3. Pulau Kenanga Bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti, Sumur Gemuling, dan lorong-lorong bawah tanah. di sini terdapat tempat yang biasa digunakan untuk shalat , dan ada juga kamar mandi lengkap dengan bak dan jamban yang bias digunakan raja.




Lebih menarik lagi  langsung menuju TKP. Tiket masuk sangat terjangkau RP3.500 tempatnya oke dan cerita guide nya juga asik-asik lumayan untuk  siapa saja yang menyukai uji nyali boleh diperhitungkan  ^..^/.

                         masyarakat kraton taman sari

2 komentar:

  1. link kamu sudah saya pasang sis, thanks ya..

    BalasHapus
  2. Info yang menarik, ijin promosi bagi teman-teman yang sedang mencari paket wisata Dieng bisa kontak kami Kurnia Dieng Tour
    Menyediakan:
    Paket Wisata Dieng
    Sewa Shuttle Lokal
    Catering Prasmanan / Box
    Homestay
    Guide
    Outbound
    Dll
    Terimakasih

    BalasHapus