Rabu, 30 Maret 2011

Byzantium ( part I )

" Byzantium (Bahasa Yunani: Βυζάντιον) adalah sebuah kota Yunani kuno, yang menurut legenda, didirikan oleh para warga koloni Yunani dari Megara pada tahun 667 SM dan dinamai menurut nama Raja mereka Byzas atau Byzantas (Bahasa Yunani: Βύζας atau Βύζαντας). Nama "Byzantium" merupakan Latinisasi dari nama asli kota tersebut Byzantion. Kota ini kelak menjadi pusat Kekaisaran Byzantium"
( Wikipedia )






Kekaisaran Byzantium yang meliputi daerah Eropa tenggara , Selatan, dan Asia Barat. dimulai dari berkembangnya koloni yunani kuno yang didirikan di sebelah Eropa Bosborus oleh Constantine I, yang nantinya menjadi Konstantinopel(ibu kota Byzantium). Jatuhnya Roma pada tahun 476 berakibat pada hilangnya wilayah timur (menjadi wilayah kekuasaan Byzantium)dengan konstantinopel sebagai ibukotanya, sedangan wilayah barat dapat dipertahankan . Wilayah timur lebih unggul dalam banyak hal: 

1. pewaris peradaban era Helenistik , karena wilayah Byzantium merupakan metropolis. 

2. Kaisar terbesarnya, Justinian (527-565), berhasil merebut sebagian dari Eropa Barat.

3. Membangun Hagia Sophia (sebuah gereja besar dengan arsitektur khas Byzantium yang mewah dan megah) sebagai simbol pusat agama Katolik . 

4.Mengeluaran kodifikasi dasar hukum Romawi. 

Kematian Justian membuat Kekaisaran Byzantium melemah. meskipun begitu dalam rentang waktu yang lama "Byzantium" semakin menunjukkan eksistensinya sebagai kekaisaran besar pada saat itu. Pelan-pelan tapi pasti kekaisaran Romawi pun hilang dan wilayah kekuasaan Byzantium semakin bertambah luas mulai dari wilayah bagian timur kekaisaran Romawi yaitu Yunani, semenanjung Balkan sebelah selatan Danube, Asia Barat hingga lembah Eufrat - Tigris, Mesir dan sebagian Italia. 

Bisa dikatakan pada saat kejatuhan Romawi, Byzantium mengambil peran sebagai benteng Eropa Barat hal tersebut bukan hanya sekedar kiasan saja tapi juga karena memang Konstantinopel dikelilingi oleh tembok yang dibuat pada tahun 324-330 dikenal sebagai "tembok konstantin". Karena adanya tembok tersebut, dapat dipastikan konstantinopel aman dari serangan eksternal seperti dari orang-orang Slavia dari utara , kaum Nomaden dari dataran Rusia selatan dan para penunggang kuda dari Kirghizia di Asia. Pada saat itu  Byzantium juga membentengi diri dari ajaran Islam karena mereka tidak ingin agama Islam meyebar ke Eropa bagian Timur dan Tengah .  Byzantium mempunyai pasukan reguler sebanyak 120.000 orang. mereka merupakan prajurit terlatih dan mendapatkan gaji. ada juga Angkatan Laut yang rutin berpatroli . Kokohnya pertahanan Byzantium dan tembok Konstantin diwarnai oleh mitos yang beredar dikalangan masyaraat Byzantium bahwa kota mereka selalu dilindungi oleh bulan purnama bagi mereka bulan purnama ibarat payung suci yang akan selalu memberikan berkah kepada konstantinopel. 

Kekaisaran Byzantium banyak mewarisi pengaruh - pengaruh dari Romawi sehingga menimbulkan batas kabur waktu lahirnya Byzantium dan Runtuhnya Romawi, namun dapat dipastikan  pergantian kekuasaan tersebut terjadi pada masa transisi saat kepemimpinan Justianus (525 - 565). 

Byzantium memiliki sumber daya alam yang melimpah karena menempati daerah yang subur dan strategi diantaranya Mesir yang menjadi lumbung keayaan, dan Siria dengan pedagang- pedagang yang selalu memberikan devisa . Disamping itu hubungan baik yang berhasil dijalin oleh Byzantium dengan negara-negara lain berhasil mendatangkan rempah - rempah dari India , sutera dan barang pecah belah dari Cina. Perdagangan Byzantium berkembang di kota - kota seperti Alexandria, Antioch, Tarsus, Smryna, dan Konstantinopel.

Kemunduran Byzantium terjadi ketika gereja timur dan barat mengalami kontroversi yang panjang terkait ikonoklasme(gerakan untuk menghapuskan gambar dan patung dari ibadat suatu agama).Selama kontroversi tersebut , Arab dan Turki Saljuk meningkatkan kekuatan mereka yang pada akhirnya menimbulkan pecahnya perang salib lantaran menjadi ancaman baru bagi Byzantium.

Sumber : 
Encyclopedia Britannica, 2008. 
Baynes, N.H., the byzantine empire

2 komentar:

  1. Saya sudah pasang link kamu. link balik ya. terima kasih :)

    BalasHapus
  2. saya juga sudah pasang link km, pasang balik jg ya.

    BalasHapus